Header

Cara Membuat & Memasang Meta Tag Di Blogger

Posted by : Admin On 02 January 2013 579 comments

Membuat meta tag di blogger supaya lalu lintas blog jadi ramai dari mesin pencari terutama dari si om Google dan blog loe menjadi lebih SEO friendly.


Apa sih meta tag? Sedikit penjelasan gan, meta tag itu intinya buat ngasi tau mesin pencari tentang informasi isi dari blog ato situs loe. Meta tag ini juga mengoptimalkan mesin pencari untuk mengindeks blog kalian dengan benar dan akurat.

Langsung aja gan, mari kita nambahin meta tag buat blog kalian. Yang pertama kalian harus nambahin 2 meta tag utama yang penting. Pertama meta tag deskripsi yakni meta tag yang ngejelasin ato ngambarin tentang blog kalian, lalu yang kedua meta tag keyword yang ngejelasin kata kunci dari blog kalian. Cara nambahinya begini gan.



Cara Membuat & Memasang Meta Tag Di Blogger



  • Pertama log in ke Blogger, lalu klik Template dan pilih Edit HTML.

  • Lalu cari kode di bawah ini gan.

  • Terus copy kode dibawah ini dan paste dibawahnya gan.
  • So ntar hasilnya seperti ini gan.
 

  • Utuk pengisian deskripsi blog, isi sesuai dengan blog loe. Misal blog tentang kucing, contoh deskripsinya seperti ini " Blog yang memberikan informasi tentang cara merawat dan memelihara kucing di rumah dengan mudah. " misal kayak gitu gan. Usahain panjang deskripsi antara 150-160 karakter.

  • Lalu untuk meta keywordsnya isi dengan kata kunci yang mengacu pada judul blog buat memaksimalkan pencarian di mesin pencari. Misal dari contoh di atas keywordnya "kucing,merawat kucing,memelihara kucing,tips merawat kucing,tips memelihara kucing, hobby kucing "
    Pastiin keywordsnya jangan banyak-banyak, maksimal 15 kalo bisa antara 8-10 aja biar lebih SEO friendly.

  • Setelah selesai save template gan beres. 

Cuma sekedar info gan, Google gak make keywords meta tag di mesin pencarinya. Jadi meta keywords ini gak berpengaruh terhadap rangking di Google. Untuk infonya loe bisa cek disini. ( penjelasan dari Matt Cutts kepala web spam di Google ).

Terus kita harus pake keywords meta tag apa gak? Ini yang masih membingungkan dan jadi perdebatan di kalangan webmaster, menurut gw sih boleh-boleh aja loe mau pake meta keywords walaupun ini pengaruhnya gak begitu besar buat SEO.

Kalo di blog2 yang gw kelola semuanya gak pake meta keywords. Intinya semua kembali kepada anda gan.


Oke lanjut lagi gan, sekarang saatnya nambahin meta tag pendukung supaya blog kalian lebih SEO friendly lagi.

  • kembali lagi ke Template lalu Edit HTML. Lalu copy kode dibawah ini gan kemudian paste dibawah kode baru yang tadi udah loe tambahin, liat gambar.


  • Sekarang tingggal ganti author sama nama loe, trus copyright sama judul blog loe. Buat geo.placename, geo.country dan language bisa diganti tergantung negara mana yang jadi priorotas dan bahasa apa yang di pake di blog kalian gan. Lalu save template, beres sekarang blog loe udah lebih SEO friendly.
Sekian dulu tips tentang cara buat meta tag di blogger biar lebih SEO friendly, semoga bermanfaat buat kalian gan. Silahkan share kalo loe punya tips lain tentang meta tag disini.

Info : Biar lebih gampang buat meta tagnya pake meta tag generator gan klik disini.

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

579 comments:

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Salam blogger

    ReplyDelete
  2. Ijin MEMBAGI!

    http://copasind.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya

    http://rahasiaseputarseo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Oh begitu gan, humoris juga author blog Seo cius ini :r
    thanks gan infonya :i

    bagus templatenya gan, udah profesional nih :m bisa jadi guruku :o

    ReplyDelete
  5. Thanks Atas Tutorial nya Gan . & Kalo Berkenan silahkan Sobat Dumay Berkunjung di Blogsaya

    Link : http://jagatpulsa.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua ,,,, salam blogwalking http://novaibnu.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. sangat membantu, meskipun masih hanya menambah info..
    ditunggu kedatangannya.

    http://asampaizadadisini.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. makasi infonya visit http://www.blognoviaputry.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ayung, vira, rayymazz, ayu dea, &Farizzul : thanks agan2 semua, pst ane brknjung balik. :l

      @Novia : sama2, kalau visit ke rumahnya blh gak? :r

      Delete
  9. selamat anda baru saja membuat saya untuk berkata, makasih yah boss... sangat menarik, membantu saya dalam menekuni dunia blogger, karena saya masih pemula.. salam blogger :o

    ReplyDelete
  10. PERTAMAX mas.
    sukses selalu.
    KUNBAL.

    UGL-KREATIF.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Nice blog pertamaaaaaaaaaaaaax...
    sukses selalu

    androsmartphone.blogspot.com

    (newbie)

    ReplyDelete
  12. salam super gan monggo :
    truefreedownloader.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Bermanfaat gan ...
    Yuuu liat blog kita 3on3shopp.blogspot.com
    kami menjual kaos kaos distro..

    ReplyDelete
  14. yah berarti tak ada pengaruh meta tag lagi yah -_-
    nice share gan

    ReplyDelete
  15. mangga mampir ke blog saya juga seberkasiinfo.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. thanks infonya gan
    http://dygiant13.wordpress.com/

    ReplyDelete
  17. artikel bagus. terima kasih info yang sangat membantu ini. kunjungi juga http://widadaraharja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. Nice infogan..
    Visit Back http://amzkomp.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. Makasih Gan Infonya Sangat Bermanfa'at
    Mampir Juga gan Ke tempat ane : http://riiocyber.blogspot.com/

    PERTAMAX Gan

    ReplyDelete
  20. makasih tutornya..sangat membantu..mudah dipahami..
    buat teman-teman blogger mampir ya.. ^^
    andykristiyant.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. tkhnz gan, mampir sejenak http://cyberbintauna.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. thanks.. sudah bs sy psg di blog sy : http://senitertawa.blogspot.com/

    oh.ya ..bgmn "Cara memasang read more otomatis utk blog"?
    Terimksh ats bantuannya..

    ReplyDelete
  23. Makasih gan atas postingannya.
    Semoga bisa membantu blog ane yang page viewnya lagi turun.
    Salam Jajal-SEO

    ReplyDelete
  24. ijin nyoba gan,. salam kenal dari http://os32.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. makaasih masa tutorial nya, terutama pada kata ini "keywordnya "kucing,merawat kucing,memelihara kucing,tips merawat kucing,tips memelihara kucing, hobby kucing " sangant membantu, soal nya dari dulu ane belum ngerti nulis keyword nya.

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. @Fujianto, Bu Indah : sama2 gan,. :l

      Delete
  27. nice info gan ,
    mampir k blog ane y
    terlalu-unyu.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. wehh artikel terbaik nich gann,,, postingan hebatnih banyak idenya juga gan thx atas infonya

    ReplyDelete
  29. thank infonya sangat bermanfaat
    http://gudangmasker.blogspot.com/

    link back...

    ReplyDelete
  30. Ow begicuu ya byoo ciyuuzz? Nitip blog ane uga nya hehe www.pemudamart.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. salam kenal semua'a :)
    btw keren om blog dan postingan'a. oia numpang nitip link om ya dan semoga bermanfaat.

    http://masternetmasterpulsa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  32. cakep-cakep artikelnya mas.....
    http://mediakia.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. Nice post gan mantep dah.... Jangan lupa kunjungi

    Haidarelbarca.blogspot.com
    menyediakan game2 menarik untuk pc anda dan informasi2 yg gk kalah penting

    ReplyDelete
  34. mantabs..

    mampir juga gan
    wongtran.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Bagus gan tipsnya udh di coba...
    SUCCES TERUUUSS...:d
    http://zinniashopping.blogspot.com/

    ReplyDelete
  36. Thanks Gan !! U ar the best
    Visit Me:
    www.w-grafis.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. huh... masih gak ngerti ni

    http://daftarvsiaja.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. trma ksih ilmu nya gan... ni akan aku coba...

    ReplyDelete
  39. wah ternyata meta tag itu banyak juga jenisnya ya mas.. boleh nih dicoba.. menarik sekali.. terima kasih mas telah berbagi pengetahuannya.. bermanfaat banget.. ^^

    ReplyDelete
  40. ko mantab bana artikelnya,mkasih gann,,,,jd tahu skrg

    ReplyDelete
  41. gan sudah ane coba ilmunya tapi kok gak bisa di simpan ya, apakah da yang salah dengan cara nya

    ReplyDelete
  42. ini buat tampilan lama ya
    http://www.wp-droid.com

    ReplyDelete
  43. makasih gan
    visit back
    http://torascool.blogspot.com/

    ReplyDelete
  44. mantap gue dah adding tuh semua meta nya tinggal nunggu survery seo nya, bagus apa engga thanks lah. mampir jua gan www.instude.com

    ReplyDelete
  45. makasih informasinya gan,,, tolong kasih tau gan ngeblog yang paling penting apa gan biar bisa diurutan 10 besar dalam mesin pencarian google, selain meta tag?

    ReplyDelete
  46. info berguna..dah ane praktekin niy gan dr dolo :D

    ReplyDelete
  47. Gan,,, deskripsi blognya itu harus sama dengan deskripsi header ato bisa memakai deskripsi yang lain?? Trimakasih sebelumnya,, mampir ya di http://www.early-es.blogspot.com

    ReplyDelete
  48. makasih infonya gan.. :) salam sukses, gw newcomer di blog soalnya. maklum masih baru di dunia blog. ibarat bayi aja gw, butuh pencerahan dari agan2.. salam kenal ALL yah :)

    ReplyDelete
  49. makasih infonya mas sangat membantu di pengembangan blog saya http:yulieono.blogspot.com

    ReplyDelete
  50. kalo menurut saya, asal jangan COPAS aja mas, pasti akan cepat terindex di google.
    jika anda copas, harus mengunakan trik agar dikira hasil karya sendiri, caranya ganti judul, ubah isinya dikit dan yg terpenting sebelum publis, mesti tunggu minimal 10 menit.

    ReplyDelete
  51. bagus sekali infonya, segera kami terapkan di blog, kunjungan balik ya gan ke http://creamputih.blogspot.com

    ReplyDelete
  52. thanks infonya sob , , ,
    mohon sarannya untuk blog baru ane q-opini.blogspot.com ,

    ReplyDelete
  53. thanks infonya.......... mohon masukan dan kritiknya, saya akan membuka topik tentang tiket konser dan hal2 seputar konser, mohon doanya . konserindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  54. Artikelnya sangat bermamfaat bagi kami yang baru newbie di blog, kunjungi juga dong ke blog kita dan tolong kasih komen perbaikan di http://go-escape.blogspot.com
    TQ

    ReplyDelete
  55. Mantabbbbbbbb kaleee gan..thanks buat tutornya,izin sedot yahh. . . . :j :r

    ReplyDelete
  56. Trims. Sangat bermanfaat untuk saya pemula

    ReplyDelete
  57. Mantapphhh makasih ya om ^_^
    jangan lupa mampir ke blog liza yah.. slam

    http://www.analysisalliance.com/

    ReplyDelete
  58. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini

    ReplyDelete
  59. Thanks Gan.. Nitip blog ya sob
    http://denggass.blogspot.com/

    ReplyDelete
  60. Terima kasih infonya, sekarang jadi tahu cara pasang meta tag

    ReplyDelete
  61. Klo gitu ga pasti dong perlu atau tidaknya meta tag: "Cuma sekedar info gan, Google gak make keywords meta tag di mesin pencarinya. Jadi meta keywords ini gak berpengaruh terhadap rangking di Google. Untuk infonya loe bisa cek disini. ( penjelasan dari Matt Cutts kepala web spam di Google ).

    Terus kita harus pake keywords meta tag apa gak? Ini yang masih membingungkan dan jadi perdebatan di kalangan webmaster, menurut gw sih boleh-boleh aja loe mau pake meta keywords walaupun ini pengaruhnya gak begitu besar buat SEO."

    ReplyDelete
  62. Mantap gan. ane sudah coba. kok belum ada perubahan ya? barangkali masih pertama kali menerapkannya kali ya, hehe.. sukses gan

    ReplyDelete
  63. gila bener gan,emang bener-bener mantab infonya

    http://agenvimaxno1.blogspot.com

    ReplyDelete
  64. makasih gan... Semoga amal ibadahmu diterima disisi Alloh Amin....

    ReplyDelete
  65. makasih agan....sangat bermanfaat,,,

    kunjungi blog baru saya ya

    www.menulislah.com

    ReplyDelete
  66. sipp gan infonya
    www.kotacilegon.com

    ReplyDelete
  67. Thanks agan info nya sangat membantu, Agan please kunjungi blog ku ya mohon advise nya http://gotravela.blogspot.com/,,, thxs gan

    ReplyDelete
  68. nice share gan.

    Izin share blog baru saya juga :))

    www.un-e-info.blogspot.com

    ReplyDelete
  69. thanks gan,,,sharee,y sangat membantu

    ReplyDelete
  70. Nice info Gan. it helps me as a new blogger.
    Yang butuh kamus bahasa Inggris lengkap main ke blog saya ya.

    solusienglish.blogspot.com

    ReplyDelete
  71. mantap postingan nya.., makasih ya sharenya. salam kunjungan

    ReplyDelete
  72. makasih gan untuk info nya... langsung praktek nhe gan.. thanks

    ReplyDelete
  73. trimakasih atas infonya brooo...sangat2 bermanfaat bikin q muncul

    ReplyDelete
  74. nice info ... semoga bermanfaat buat semua

    ReplyDelete
  75. bang seociyus, bersediakah meng "edit" blog ku?? aq newbie banget. aq sudah buat blog tp masih g karuan... klu mau tlng kasih penawaran jasa editnya ke enako.sm@gmail.com, trims

    maju terus bro

    ReplyDelete
  76. :d thanks gan... Visit balik yah... http://bona09.blogspot.com

    ReplyDelete
  77. makasih gan infonya
    kunjungi balik njeh
    tokosepatu-futsal.blogspot.com

    ReplyDelete
  78. thanks infonya..sangat membantu buat newbie kaya aku..mampir ke blog aku ya semua hehehe..thank you

    ReplyDelete
  79. Ijin sedot ilmunya gan :r

    hnv18.blogspot.com

    ReplyDelete
  80. keren banget gan.. bisa dicoba.. thx

    ReplyDelete
  81. Keren gan infonya,terima kasih
    http://caracaratutorial.blogspot.com/
    http://orakarikinfo.blogspot.com/
    http://lagulagugula.blogspot.com/

    ReplyDelete
  82. terimakasih, akan saya lakukan pak.

    ReplyDelete
  83. thanks gan berguna, kunjunganya gan kufhed,blogspot.com

    ReplyDelete
  84. thx atas infonya
    ijin menerapkan ya, oya gimana ya cara nya supaya nama blog kita selalu ada di mesin pencari google?

    ReplyDelete
  85. thx yo dan ijin menerapkan ^_^
    oya cara agar blog tetap tampil di mesin pencari google it gmn ya?

    ReplyDelete
  86. ijin sedot gan
    infonya bermanfaat
    http://8-espensabu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  87. sudah di praktekin yang pertama, tinggal yang kedua gan kurang paham moga2 terlihat nanti hasilnya :)

    ReplyDelete
  88. gan... http://sumberpenghasilan.blogspot.com bener2 nyata..

    ReplyDelete
  89. Panduan yang sangat bermanfaat dan sudah saya terapkan di www.distributorfmparfum.com/

    ReplyDelete
  90. terimakasih ya kak infonya buat toko online boneka saya^^
    http://bonekartun.blogspot.com/

    ReplyDelete
  91. mkasih gan, brmanfaat
    mampir ya k blog ane
    bru bljar ngblog nih :x
    lonebyonline.blogspot.com

    ReplyDelete
  92. Thank's info yang sangat menarik..

    http://smartphoneandroidz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  93. makasi gan infonya, semoga toko online ane makin SEO friendly pake metatag..

    http://agusfuonlineshop.blogspot.com

    ReplyDelete
  94. makasih banyak kak, saya blogger pemula baru - baru ini saya bikin blog, mohon bimbingannya ya kak, makasih. :D
    ini blog saya : http://kangramatea.blogspot.com

    ReplyDelete
  95. mantap gan luar biasa tak pikirin dulu hehehe
    kalaw ada yg mau nimbrung http://kutuitanyung.blogspot.com

    ReplyDelete
  96. mantap gan luar biasa tak pikirin dulu hehehe
    kalaw ada yg mau nimbrung http://kutuitanyung.blogspot.com

    ReplyDelete
  97. Makasih Gan Infonya...
    Kunjung Balik Ke Blog Lapak Ane www.GrahaBajuAnak.blogspot.com

    ReplyDelete
  98. nice infonya gan
    silahkan berkunjung di sini:http://gameofapk.blogspot.com/
    newbie

    ReplyDelete
  99. thanks gan tipsnya. ohnya di nanti kunjungan baliknya.

    http://duniabelajargurumaju.blogspot.com/

    ReplyDelete
  100. nice info gan.. mau coba dlu ah..

    http://ji-software.com

    ReplyDelete
  101. nice info gan.. di coba dlu ah..

    http://ji-software.com

    ReplyDelete
  102. thanks gan.. kalau berkenan silahkan mampir kesini Gudang Sourcecode

    ReplyDelete
  103. kereenn... sangat bermanfaat nih blogger newbie untuk saya.. makasih mas ilmunya.. ^^

    ReplyDelete
  104. makasih gan infonya, kunjungi juga blog ane ya
    seven-css.blogspot.com salam blog walker :r

    ReplyDelete
  105. sangat membantu sekali mas artikel nya jgn lupa visit blog saya Pasid Software

    ReplyDelete
  106. makasih tipsnya gan,, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  107. terimakasih atas penjelasan tentang cera penempatan meta tagnya,.. sangat membantu

    Ceritalukamem.blogspot.com

    ReplyDelete
  108. terim kasih gan atas infonya, sangat membantu
    jgn lupa berkunjung yaa sekalian di nilai soalnya saya masih pemula. ini http://bagushardono.blogspot.com/

    ReplyDelete
  109. maksh banget infonya gan? mampir disini ya http://newsartistop.blogspot.com/

    ReplyDelete
  110. tq gan, sngt brmanfaat.
    sya bru mulai >,< .

    ReplyDelete
  111. Thanks infonya... sangat bermanfaat

    http://freedownloadgratismp3.blogspot.com/

    ReplyDelete
  112. thanks infonya....

    http://freedownloadgratismp3.blogspot.com/

    ReplyDelete
  113. Nice info gan...uda saya coba...semoga josss!!!
    http://riraramadhani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  114. Terima kasih..
    postingan ini benar2 bermanfaat bagi saya
    terima kasih banyak
    kunjungi juga blog saya ya
    thesuka-suka.blogspot.com

    ReplyDelete
  115. saya coba pakai dulu gan lagi blajar bikin blog nih, thanks
    http://cartridgecanonjogja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  116. thnk's tutorialnya gan..
    http://googlekan.blogspot.com

    ReplyDelete
  117. sip, mksh infonyam visit back
    sharingfreedownload.blogspot.com

    ReplyDelete
  118. Infor yang menarik sangat bermanfaat izin bookmark dulu..hehehe

    Home Design Ideas

    Infor yang menarik sangat bermanfaat izin bookmark dulu..hehehe

    Tips Kesehatan

    ReplyDelete
  119. berarti cara nya beda sama yang laen ya gan......ada juga yang pakai meta tag sreator.....chek in santrikami.blogspot.com

    ReplyDelete
  120. makasih gan , tapi jadi bingung mau di kasih meta tag / tidak

    gan lauangin waktu 10 detik donk di gubuk saya
    http://tujuh-tikus.blogspot.com

    ReplyDelete
  121. oke,,makasih bang
    http://ziyad-id.blogspot.com/

    ReplyDelete
  122. terima kasih banyak buat infonya gan, saya udah coba n semua berjalan lancar..thanks ya..BRAVO

    ReplyDelete
  123. makasih infonya :)
    http://des-wanto.blogspot.com/

    ReplyDelete
  124. Thank you sudah sharing, tulisannya bermanfaat sekali :D

    firdabilqis.blogspot.com

    ReplyDelete
  125. makasih banyak mantappp gan, semantap bisnis yg baru gw, BARU 1 BULAN DIBUKA UDAH 150 KOTA JOINT, http://celenganmaknyus.blogspot.com/

    ReplyDelete
  126. Mas masih bingung saya..mohon bimbingannya -_-
    www.agilcahyap.blogspot.com

    ReplyDelete
  127. makasih infonya gan ane newbie baru bikin blog juga
    http://seireikairou.blogspot.com

    ReplyDelete
  128. Thanks infonya gan,,http://andri-crotz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  129. Makasih Gan Infonya Tentang Cara Membuat Meta Tag Di Blogger ,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  130. Thanks agan info nya sangat membantu ..

    ReplyDelete
  131. Yach makasih ilmoenya brur..bagi yang pengen tahu jauh tentang outbound di sleman yogyakarta silahkan mampir disini http://kampungjawakembangoutbound.blogspot.com/

    ReplyDelete
  132. informasi yang bermanaaf gan, mau dicoba.
    mampir ya gan http://cariin-fo.blogspot.com/ dan http://tourist-bali.blogspot.com/

    ReplyDelete
  133. makasih pelajarannya.... mantaaap

    chatroomindonesia21.blogspot.com

    ReplyDelete
  134. terima kasih buat infonya gan...
    http://wh3lly.blogspot.com

    ReplyDelete
  135. terima kasih telah berbagi kawan...semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  136. udah ane pake ,tapi ko pas bagian save nya lama yaa -_-

    ReplyDelete
  137. Meta Tags Penting sanagad, hehe Terima kasih Mas, Membantu Banged.Salam

    ReplyDelete
  138. thank gan atas ifonya sangat membantu
    masih pemula
    http://marmercahaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  139. makasih infonya gan, jadi semangat belajar lagi....

    ReplyDelete
  140. langsung ane praktekin gan...trimakasih infonya

    ReplyDelete
  141. aduhhhh..... masih bingung nih negrtiin sciptnya,,,, Coppas Blog

    ReplyDelete
  142. saya coba dulu ya sob :D
    thanks atas infonya

    ReplyDelete
  143. Nice info, silahkan berkunjung untuk tips kesehatan dan seputaran perawatan http://www.duniaperawat.com/

    ReplyDelete
  144. gomawo buat infonya . sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete


  145. kog enggak ada ya?

    http://sonto-loya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  146. makasih infonya jangan lupa mampir di
    http://gegesek.blogspot.com/ tentang ilmu ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  147. Visit Balik ya gan :d

    http://indonesianhumanist.blogspot.com/

    ReplyDelete
  148. Ane coba gan tipsnya

    http://serbaserbirodadua.blogspot.com/

    ReplyDelete
  149. Thank Infonya gan.

    Visit balik ke blog saya ya gan.
    http://5-about.blogspot.com/

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya