Header

Cara Menggunakan Webmaster Tools Untuk Pemula

Posted by : Admin On 09 April 2013 205 comments

Kebetulan lagi sering buka Webmaster Tools makanya dapet ide buat postingan ini gan. Webmaster Tools ini alat yang disediain sama Google secara gratis untuk kita pemilik blog atau situs. Fungsi utamanya adalah untuk mengetahui laporan lengkap tentang blog atau situs kita. Mulai dari jumlah penayangan blog sampai masalah error yang terjadi di blog kita gan.


Untuk pemula mungkin akan sedikit kebingungan menggunakan Webmaster Tools ini. Sama gw juga dulu kagak ngerti sama tools ini, tapi seiring waktu sekarang udah bisa menggunakan Webmaster Tools ini gan. Buat loe yang masih belum mengerti cara menggunkan Webmaster Tools, kali ini gw bakal share caranya gan.

Webmaster tools ini kadangkala dilupakan oleh sebagian Blogger karena mungkin menganggap tools ini gak ada gunannya. Padahal peran tools ini lebih dari semua tools yang ada buat optimasi SEO. Jadi gw kasi tau jangan pernah anggep remeh Webmaster tools buat ngoptimalin blog loe gan. Lanjut aja ke topik utama bagaimana cara menggunankan Webmaster Tools ini dari cara mendaftar dan fungsi masing-masing toolsnya silahkan disimak gan.


Cara Menggunakan Webmaster Tools Untuk Pemula



Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools



Untuk bisa menggunakan Webmaster Tools tentu loe harus punya akun Google. Kalau udah punya langsung aja login ke Google Webmaster Tools gan. Setelah login yang pertama loe lakuin adalah menambahkan blog atau situs loe gan. Caranya tinggal klik tombol warna merah di kanan atas TAMBAHKAN SITUS, lalu isi dengan URL blog loe dan klik Terus. Setelah itu loe bakal dibawa ke halaman verifikasi, disini pilih tab Metode Alternatif dan centang Tag HTML.


Abis itu loe copy kode meta HTML yang dikasi dan pastein ke template blog di bagian tag <head> gan. Kalau udah lalu klik tombol merah VERIFIKASI di Webmaster Tools dan liat hasilnya kalau berhasil maka blog loe bakal muncul di Dashboard Webmaster Tools gan. Beres gampang kan cara nambahin blog ke Webmaster Toolsnya gan. Sekarang lanjut ke cara menggunakannya gan.


Cara Menggunakan Webmaster Tools



Sudah daftar di Webmaster Tools sekarang kita cari tau cara menggunakannya gan. Di halaman awal Webmaster Tools loe pilih blog yang mau dikelola, diklik aja URLnya gan. Setelah masuk  loe bakal liat halaman Dasboard awal dari Webmaster Tools. Disana ada status pesan Baru dan Penting serta Status Saat Ini, gak usah kaget kalau Kueri Penelusuran sama Peta Situs masih kosong karena loe baru mendaftar gan.

Lanjut disisi kiri Webmaster Tools loe bakal nemuin banyak tab gan. Dibalik tab-tab tersebut loe bakal nemuin banyak Tool yang bisa digunain gan. Gw bakal jelasin yang penting-penting aja dan yang bakal sering loe pake biar gak terlalu panjang postingan gw, cek it dot gan.


1. Konfigurasi > Setelan >> Disini loe bisa ngerubah Target Geografis tinggal pilih aja negara yang jadi target blog loe gan.

2. Kesehatan > Ambil Sebagai Google >> Fungsi tools ini untuk proses pengindekan URL postingan lama atau pun baru gan. Bisa juga digunakan untuk memaksa Google agar cepat mengindex URL postingan lama yang baru di update. Caranya tinggal nambahin URL postingan ke kolom yang udah disediain lalu klik Ambil. Tunggu beberapa detik kalau berhasil tinggal klik Kirimkan ke index gan. Setelah itu loe submit URLnya ke Google melalui alamat ini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url gan.

3. Pengoptimalan > Peta Situs >> Ini alat yang sangat penting agar Googlebot bisa merayapi setiap halaman blog loe dengan baik gan. Cara nambahinnya tinggal klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS, lalu ketikan sitemap.xml ke dalam kotak kosongnya dan klik Mengirim Peta Situs gan. Beres tinggal ditunggu aja hasilnya, untuk berapa lama sitemap ini terindex tergantung dari kondisi kesehatan blog dan aktivitas update postingan di blog gan.

4. Pengoptimalan > Hapus URL >> Tools yang bisa digunakan untuk menghapus URL postingan kita dari pencarian Google gan. Tinggal masukin aja URL postingan yang mau dihapus dari pencarian Google. Sebelum menghapus URL loe harus baca aturannya dulu di https://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=59819 gan.


Itulah tools penting yang akan sering kalian gunakan di Google Webmaster Tools gan. Masih ada juga beberapa tools penting yang fungsinya untuk menganalisa blog loe. Gw bakal jelasin beberapa aja sebagai berikut ini gan.


1. Kesehatan > Kesalahan Perayapan >> Disini loe bakal nemuin URL-URL di blog loe yang rusak atau tidak ditemukan gan. Kalau Google nemuin kesalahan perayapan, loe tinggal centang URLnya lalu klik TANDAI SEBAGAI TELAH DIPERBAIKI gan. Agar kedepanya Google gak ngindex lagi URL yang rusak tersebut.

2. Lalu Lintas > Kueri Penelusuran >> Disini bakal ditampilin grafik lengkap penelusuran blog loe di Google gan. Jadi loe bakal tau berapa jumlah kueri, penayang dan klik blog loe. Juga loe bisa menganalisa kata kunci apa aja yang paling banyak penayanganya sama posisi rata-rata di pencarian gan.

3. Lalu Lintas > Tautan ke Situs >> Disini loe bisa tau berapa jumlah backlink blog loe yang dihitung sama Google gan. Dan juga loe bakal tau dari mana aja asal backlink tersebut. Kalau gw gak salah Google ngupdate data backlink ini setiap hari Selasa gan.


Gw rasa itu aja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Webmaster Tools untuk pemula gan. Untuk fitur-fitur yang lainnya loe silahkan dicoba-coba sendiri dan gw yakin seiring waktu loe bakal lebih mengerti gan. Semoga postingan tentang cara menggunakan Webmaster Tools untuk pemula ini bermanfaat. Kalau ada yang gak ngerti silahkan ditanyakan dan jangan lupa ninggalin komentar ya gan.

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

205 comments:

  1. thanz gan infonya

    www.sehatalami93.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. thanks gan, :c infonya bagus untuk saya blogger pemula/newbie
    :i
    http://www.erickney69.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. gan kenapa punya saya "tidak ada pesan baru atau masalah kritis terbaru"
    Status Saat Ini

    Kesalahan Perayapan
    Tidak ada data. (Mengapa tidak?)


    Kueri Penelusuran
    Tidak ada data. (Mengapa tidak?)


    Peta SitusTidak ada Peta Situs
    Mengapa mengirimkan Peta Situs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Deris & Erick : sama2 agan2,. :l

      @Viviana : kalau baru daftar ya jelas gak ada gan,. :p

      Delete
  4. mantap postny gan...thank's ud berbagi..keep bloging.oia gan izin taruh backlink agan ya di blog ane...

    ReplyDelete
  5. Salam Blogger gan. Backlink nya bagus tuh bisa juga kita taroh di blog ane gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam balik gan, silahkan aja... :l

      Delete
  6. Replies
    1. @kabariklan & One : sama2 agan2. :l

      Delete
  7. thanks ilmunya mas gan...jadi tambah deh pengetahuannya
    dhany47.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. thanks ya gan infonya, artikelnya bgus sangat berguna buat org2 yg mambacanya termasuk saya.. Mampir juga ya gan lihat artikel saya, saya juga pernah menuliskan artikel mengenai SEO. Ini gan cekidot my article

    ReplyDelete
  9. thanks gan ni yang gw cari http://2.bp.blogspot.com/-5Sz9NpUzQ0Q/UO-8rT2nopI/AAAAAAAABp0/_3Xb2NoMMnk/s1600/seociyus_qq_penguin6.gif

    ReplyDelete
  10. thanks gan ilmu nya...
    langsung dicoba

    jangan lupa kunjungan BALIK

    http://infocybermedia.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. terimakasih atas postingannya gan.....

    ReplyDelete
  12. trimakasih info nya gan,,,ini sangat bermanfaat sekali,,,,,,,,,,,,mantap

    ReplyDelete
  13. iya punya saya sama seperti punya saudara Viviana Angesti, datanya gak mau muncul di google webmaster
    http://www.pagartralis.com

    ReplyDelete
  14. gan ko ane gak maoo muncul l katanya belum ada data, periksa lagi nanti . . itu kenapa yaa

    Http://www.minikomp.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo baru daftar ya emang gitu gan, ditunggu aj lg beberapa hari. :l

      Delete
  15. Hai, Yus.
    Apakah ada keharusan URL "Peta Situs" tidak dicegah dalam robot.txt?

    Misalnya, URL peta situsnya "htp://www.domainku.com/admin/peta_situs.php", tapi di robot.txt-nya terdapat entri "Disallow: /admin/". Gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ada gan, gpp itu biar folder dari admin gak di index jadi lebih SEO friendly gan. :l

      Delete
  16. Termakasih banyak GAN .
    mau tanya ni, apakah hanya beberapa link yang bisa kita daftarkan di : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

    Mampir kesini juga gan : http://kisahohank.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. makasih gan.. loe blogger paling baik. bagi2 banyak tips buat newbi kayak sy..

    ReplyDelete
  18. makasi banyak gan bermanfaat buat ane, salam

    ReplyDelete
  19. thx, gan .. bener2 nice info bwt nubi kyk sy .. :m

    http://babystore93.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. wah.. templatenya unyu2..
    kunjungi juga shoping template di TheJutsu BLOG, bagi yang ingin punya toko online. :e

    ReplyDelete
  21. cara yang diatas bisa gak buat blog ane terindex google

    tomblade03.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. gan numpang tanya, untuk poin nomor 2 yg "Kesehatan > Ambil Sebagai Google".
    Apakah tiap buat postingan baru harus slalu di submit URLnya ?

    ReplyDelete
  23. Good post .,
    mampir ya gan bwad tips komputer, dll ,. Di blog ane

    www.handarko.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. Blog ane malah muncul, Tidak ada data. (Mengapa tidak?)apakah belum dirayapi google blog ane,, itu emang blog terbilang baru,,, usianya baru 3 hari..

    ReplyDelete
  25. Mantap juga ni sob, semoga aja dengan lebih dalam Belajar SEO disini, bisa nambah ilmu ane, dan terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat

    ReplyDelete
  26. Gang tolong jelasin, itu setelah di copy meta HTML , di paste in dimana gang ? gak negerti

    ReplyDelete
  27. Thanks Infonya Gan..
    Mampir di blogku ya, Buat download Game, Film, and Application

    http://blogfiqhifairuzsyam.blogspot.com

    :D

    ReplyDelete
  28. ane udah nyoba gan, sekalian ulas cara nanganin info error yang ada do webmaster tool nya dong.

    blog ane : investclinic.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. Abis itu loe copy kode meta HTML yang dikasi dan pastein ke template blog di bagian tag head

    template blog dibagian tag head letaknya dimana gan?

    ReplyDelete
  30. thanks buat infonya...

    http://sahabativan.logspot.com

    ReplyDelete
  31. Minggu lalu ane daftarin website ane ke google , nach minggu ini ane rubah semua SEO untuk pretty url nya. Jadilah banyak kesalahan perayapan di web mastertoolsnya. Yang ane mau tanyain apabila ane klik sudah diperbaiki. Kira-kira berapa lama ya google aku menghapus url url yang error tersebut agar tidak terindex kembali. trims infonya gan dan trims juga share ilmunya sangat membantu

    ReplyDelete
  32. thanks gan, infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  33. thx info nya , kunjungi juga http://www.gbm4u.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. nice info 4 newbie...thanks gan... (y)

    ReplyDelete
  35. thx infonya gan..

    numpang traffic
    http://www.artictisthomedesign.com
    you may be impressed after seeing our catalog, as we artictist. we look for something else, but better.
    " Artictist Home Design "
    -come to make bettter future-

    ReplyDelete
  36. ada yang kelewatan mas...?
    Penyempurnaan HTML, saya mau nanya.. Mengapa ada tulisan "duplikat meta konten" dan di dalamnya banyak sekali halaman-halaman web saya..
    Tolong jelasin bagaimana cara mengatasi duplikat meta konten.. Terimakasih mas atas responnya.
    Jawabnya ke blog kecil saya aja mas.. Disini Belajar seo blog saya Mwb.

    ReplyDelete
  37. makasih atas info bermanfaatnya gan...

    http://meliamebel.com/meja-belajar-anak-perempuan/

    ReplyDelete
  38. makasih infonya....serbuiptek.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. gan yang kesehatan itu dimana nyarinya ? maklum ane paka bahasa inggris..

    ReplyDelete
  40. makasih artikel nya
    visit my blog ya karna saya baru pemula http://trikpemulabloger.blogspot.com/

    ReplyDelete
  41. mantab bos infonya tambah pengetahuan lagi nih..
    www.swardi295.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. makasih banget gan. info ini sangat berguna buat ane yg baru belajar jadi admin di web kantor ane yaitu http://www.knt.co.id/
    ane subscribe dulu deh biar bisa update ilmu-ilmu baru kalau ada lagi..

    ReplyDelete
  43. thanks info x gan. bermanfaat banget bagi pemula
    http://tegar-tkj2.blogspot.com/

    ReplyDelete
  44. master seo,terimakasih atas penjelasannya,sangat membantu saya ini.

    ReplyDelete
  45. aku binggung gimna cara nya????
    rumit banget toh,,,, :k

    ReplyDelete
  46. binggung gimana cara mempelajarinya???? :k

    ReplyDelete
  47. bingung cara gimana mempelajarinya???

    ReplyDelete
  48. Mantab Gan

    http://hanipridhos.blogspot.com/

    ReplyDelete
  49. Beberapa hal masih banyak yang bingung gan. Tapi coba saya baca sama pahamin satu per satu. thx yah gan infonya.

    Numpang nitip gan :http://akl-furniture.com/ , http://amanahkawanlama.com/

    ReplyDelete
  50. terimakasih gan,, sangat membantu saya sebagai pemula.
    kunjung balik gan http://infoduniain.blogspot.com

    ReplyDelete
  51. Trimakasih infonya, banyak yang saya akan praktekkan dari blog ini.
    http://selimutbayikarakter.blogspot.com/ http://tasbihmutiaralombok.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. Terimakasih binfonya. Sangat berguna sekali bagi saya pribadi.
    http://selimutbayikarakter.blogspot.com/
    http://tasbihmutiaralombok.blogspot.com/

    ReplyDelete
  53. termakasih bnyak gan.. infonya sangat membantu untuk newbi seperti saya..tp jujur masih agak sedikit bingung..hehehe
    kalo kueri penelusuran itu cara aktifinnya bagaimana ya mas? thx

    ReplyDelete
  54. Terimakasih infonya
    mampir ya gan http://coba-ditebak.blogspot.com/

    ReplyDelete
  55. apa bner kalow blogspot otomatis terdaftar di webmaster :j

    ReplyDelete
  56. tutorial emoticon komen sebelah man gan?? deziggh :b :b :b :b

    http://gayasian-videos.blogspot.com/

    ReplyDelete
  57. owh gitu,makasi gan
    INTERNET GRATIS XL,INDOSAT,AXIS TELKOMSEL LANGSUNG TANCEP
    asiaindoyan.blogspot.com

    ReplyDelete
  58. Tambah ilmu gan...
    kunjungi juga http://keepcondition.blogspot.com/

    ReplyDelete
  59. nice info gan... kalau ada waktu mampir ke blog ane gan http://www.tergantungaku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  60. maksih mas atas infonya jangan lupa kunjungi
    http://manfaatartikelkita.blogspot.com/

    ReplyDelete
  61. thanks gan infonya..!!
    http://bagasipedia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  62. Sumpah ane gak mudeng ( tadinya ) sekarang mulai rada ngerti, langsung praktek gan!

    ReplyDelete
  63. Baru pertama ngutak atik get......

    ReplyDelete
  64. tanks gan atas info nya ya, sangat mmbantu banget,,,
    www.tokoaheng.com

    ReplyDelete
  65. makasih gan atas infonya,, sangat membantu banget bagi pemula,, www.tokoaheng.com

    ReplyDelete
  66. Salam kenal Gan,, baru-baru nih, ane coba coba wat blog http://allinone719.blogspot.com/. setiap ke Webmaster, kueri penulusuran kok gk ada, gmana caranya,,?? mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  67. postingannya sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya gan.
    cuma saya mau tanya gan, kenapa kalo blog saya banyak item kesalahan ya gan ? dan gimana cara memperbaiki atau mengatasinya gan ? terima kasih

    mohon bantuannya gan !
    jangan lupa mampir gan http://teoterial-ac.blogspot.com/

    ReplyDelete
  68. postingan yang bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya gan.
    cuma saya mau tanya, kenapa ya di blog saya kalo di lihat data terstruktur di webmaster banya item kesalahannya gan ? itu di sebabkan karena apa & dan bagaimana cara mengatasinya gan ? terima kasih

    mohon bantuannya, dan jangan lupa mampir gan http://teoterial-ac.blogspot.com/

    ReplyDelete
  69. Thanks gan utk info Webmaster tools nya. Sangat bermanfaat :)
    Salam GRO.MB
    www.grosirmurahbandung.com

    ReplyDelete
  70. Thks gan utk infonya.
    Salam GRO.MB
    www.grosirmurahbandung.com

    ReplyDelete
  71. numpang backlink gan udah dipasang..thanks gan
    http://www.abiey22.blogspot.com

    ReplyDelete
  72. gan yang cara ke 2 itu "Kesehatan" letaknya dimna

    ReplyDelete
  73. mantap gan, pencerahan
    http://aiyubf.blogspot.com/

    ReplyDelete
  74. Terimakasih infonya, www.nukeshop.bl.ee

    ReplyDelete
  75. makasih info nya..

    mampir yaaa ke -> http://estavate.com

    ReplyDelete
  76. maksih banyak gannn, bermanfaat bangett....

    http://chantryintelex.blogspot.com/2014/08/penyebab-akar-korupsi-terus-berkembang.html

    ReplyDelete
  77. thanks gan...
    mampir balik ya, http://new-magz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  78. tiap kali kita posting di blog atau web , urlnya kita tambahkan ke google webmaster ==> ambil sebagai goolge +=> tempel url postingan ya gan ? bedanya ama url submit apa ?

    ReplyDelete
  79. thanks gan ..
    kunjungan balik ya http://browtech.blogspot.com

    ReplyDelete
  80. artikelnya bagus gan saya juga menulis tentang ini alamatnya ' pengertian dan fungsi webmaster tool by yudhaargaonlinestore ' terimakasih kunjungan baliknya, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  81. sangat bermanfaat tutorialnya gan, jgn lupa mampir di blog ane http://vidtutorialcollection.blogspot.com/

    ReplyDelete
  82. Kebetulan banget lg ngubek ngubek dr tadi ane. Langsung nyoba ah

    ReplyDelete
  83. Pagi gan . . . mau tanya nich !!
    utk mengirim peta situ ( sitemap.xml ) di alat web master tool itu ckp 1 x apa setiap kita poting artikel baru/artikel lama gan . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanya'an yang sama ni dengan saya gan.

      Delete
  84. Keren gan ,,
    Jangan lupa mampir disini juga ya >> http://caraseribucara.blogspot.com/
    Banyak artikel menarik nya lho.. :d

    ReplyDelete
  85. thanks banget gan infonya.... kunjungi balik ya... blog seputar bisnis dan motivasi secuilgoresan.blogspot.com

    ReplyDelete
  86. thx ya ilmu nya, aku ikut pos link ini ke blog ku ya, aku pemula banget.
    sagala-aya-didieu.blogspot.com

    ReplyDelete
  87. Okey gan thank Infonya Jadi Tambah Lebih tau wawasannya .

    ReplyDelete
  88. Toop Gan Artikel nya :)
    Kunjungi Gan : http://berbageilmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  89. ini dia yang saya cari-cari, thank's infonya gan :D
    http://www.prastips.blogspot.com

    ReplyDelete
  90. Mantaf bingit, gan terima kasih pakek dua bingit:)
    www.melekbuku.blogspot.com

    ReplyDelete
  91. thank u gan
    mampir di blog baru ane
    http://telekomunikasipnp.blogspot.com/

    ReplyDelete
  92. makasi infonya gan..kunjungi blog sya gan..
    artikelkoumputer.blogspot.com

    ReplyDelete
  93. Makasih Gan sangat membantu..,
    Kunjungi Gan http://berbageilmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  94. bagus sekali gan manfaatnya
    mampir ke blog ane ya
    http://cetakonline77.blogspot.com/

    ReplyDelete
  95. thanks infonya http://itcamptemanggung.blogspot.com/

    ReplyDelete
  96. bermanfaat banget ini infonya..
    mampir juga ya kak http://ibaysolution.blogspot.com/

    ReplyDelete
  97. sangat bermanfaat gan...jangan lupa kunjungan balik gan http://katropisan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  98. terimakasih mas untuk artikel dan tutorialnya, sangat bermanfaat...
    http://acemaxsshop.com/obat-radang-paru-paru-tradisional/

    http://mecegahpenyakit.blogspot.com/

    ReplyDelete
  99. ane masih ragu mengenai yang sitemap d google gan, tpi ane coba trik ente, mksh udh mw berbagi gan
    http://www.dunia-android.net/

    ReplyDelete
  100. Makasih gan penjelasannya sangat komplit dan sangat bermanfaat.Kebetulan lagi belajar bikin web.Minta sarannya gan,kalau ada waktu kunjungi web ane.www.mediadigitaljepara.com Makasih.

    ReplyDelete
  101. tq gan ane coba nih

    www,awningindonesia.com

    ReplyDelete
  102. makasih udah berbagi

    http://asa-kmovie.com

    ReplyDelete
  103. Klo mengatasi duplicate meta description & tillte tags, gimana gan.?

    http://alamwisata.com

    ReplyDelete
  104. manfaat gan trims ane newbie ...

    http://waskhas.blogspot.com/

    ReplyDelete
  105. sangatt membantu,,,setelah nyari kemana mana akhirnya ktmu gan...hihii...semoga artikelnya untuk ke depan semakin banyak memberikan manfaat...good luck broo :D
    please visit http://ragambahasakita.blogspot.com/ jika kalian senang dengan Indonesia...terima kasih :D

    ReplyDelete
  106. terimakasih banyak om,, salam kenal.. :)

    ReplyDelete
  107. trimakasih gan infonya. salam kenal

    http://sehatbujur.blogspot.com/

    ReplyDelete
  108. Thank Gan, sangat bermanfaat artikelnya

    http://grosirobatjellygmat.com/

    ReplyDelete
  109. mengapa saya tidak ada backlink ya padahal sudah banyak submit url

    ReplyDelete
  110. Sangat bermanfaat untuk pemula kayak saya mas.

    Silahkan di caci blog baru saya www.saathidupsehat.com (baru belajar) :)

    ReplyDelete
  111. Makasih gan infonya, blogger nubi
    Visit alvarino182.blogspot.com

    ReplyDelete
  112. Makasih gan ilmunya. Sangat membantu
    Kunjung balik ya harian-dwiyanto.blogspot.com

    ReplyDelete
  113. terima kasih sangat berguna artikelnya.

    ReplyDelete
  114. makasih banyak gan sangat bermanfaat informasinya, nice post..

    http://obatherbalampuh.com/

    ReplyDelete
  115. maksih infonya sangat membantu saya sebagai newbie kunjungi blogsaya juga ya kumpulansoalbahasainggrissmpsma.blogspot.com

    ReplyDelete
  116. terimakasih, penjelasannya sangat membantu kami newbie. Harap kunjungan baliknya, mastah

    http://kabaenasaja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  117. artikelnya keren (y)
    makasih iya :)
    http://bacabaca97.blogspot.com/

    ReplyDelete
  118. Nanya gan.. tentang pengertian lalu lintas penelusuran yang deskripsinya tentang :
    Kueri Penelusuran
    Tautan ke Situs Anda
    Tautan Internal
    Tindakan Manual
    Penargetan Internasional
    Kebergunaan Seluler

    fungsinya apa, trus kalau kosong artinya apa, antisipasinya gimana.. hehe. sorry jadi ribet gan
    afrily's note, toko mei

    ReplyDelete
  119. tanks gan bermanfaat sekali
    kunjungi juga blog ane culturofindonesian.blogspot.com

    ReplyDelete
  120. terimakasih atas sharing info yang bermanfaat ini, saya coba mempelajarinya

    ReplyDelete
  121. sangat membantu dan bermanfaat gan
    www.pakar-teknologi.blogspot.com

    ReplyDelete
  122. ,,baru tau sekarang, soalnya masih baru...

    http://www.devinewbie.blogspot.com

    ReplyDelete
  123. sundul gan ajib
    http://www.pak-ade.web.id/

    ReplyDelete
  124. bos mau nanya ,,,domainku telah sya daftar ke webmaster...tp selang 2 minggu saya lepas dari bloger terus saya pasang lagi ke lain blog namun kok yang terbaca pendaftar ke webmaster yang awal ya bos...solusinya
    http://www.perawatcyber.com/

    ReplyDelete
  125. Nitip gan.... http.//www.rifkyberlian.tk

    ReplyDelete
  126. makasih ilmunya gan . main ketempat ane kapan kapan. http://www.inshimg.blogspot.com

    ReplyDelete
  127. Min untuk masukkin CNAME itu gimana ya caranya? Website Gratis

    ReplyDelete
  128. ketemu juga, hehehe..
    nais inpo gan.
    http://www.rizaldyhalid.web.id/

    ReplyDelete
  129. mantap buat saya yang newbie
    http://www.sandalkusancu.com

    ReplyDelete
  130. mantap gan infonya
    www.cecepsupriadi.co.vu

    ReplyDelete
  131. sip infonya bray (Y)
    easychordx.blogspot.com

    ReplyDelete
  132. terima kasih... info lebih lanjut kunjungi http://jamurtiramdaerahmedan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  133. mau ingin tutorial dan tips bisnis kunjungi saja nezoid.blogspot.com

    ReplyDelete
  134. makasih gan, jd ke index semua url uwa :) salam dari http://pendidikandasarguru.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  135. thanks gan atas infonya membantu banget.. langsung aku praktekin caranya...makasih kembali ya gan. izin menyisipkan link blogpelajaraddress.blogspot.com

    ReplyDelete
  136. terima kasih kak admin,,kebetulan blog http://resepmasakbaru.blogspot.co.id/ baru seminggu di buat, belum daftar webmaster

    ReplyDelete
  137. thanks gan ilmunya (y)
    kunjungi juga website kami : http://www.tkbesi.com/
    jasa pemasangan canopy, pintu pagar, teralis, balkon, pintu besi kawat nyamuk, dll.

    ReplyDelete
  138. terimakasih bang ini tutorial yang sebenarnya ane cari thanks ilmu nya bg ya kalo bisa kwan jga lihat site saya untuk silaturahmi taapi kalo sekarang ane lagi nyari ilmu hanya di:http://share-science2015.blogspot.com/

    ReplyDelete
  139. Makasih infonya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  140. Ma kasih infonya gan...maucoba di blog ku jg http://oprekinfo.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  141. Terima kasih gan tulisannya, ringkas dan mencerahkan.
    Ane kira awalnya webmaster itu buat tingkat tinggi, ternyata penting buat optimalkan perfoma web hahaa
    kevinsource.blogspot.com

    ReplyDelete
  142. saya menggunakan webmaster tool nya mendaftarkan domain blog dan memasukan sitemap.xml, dan tidak pernah memasukan url ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, yg mau saya tanya apa efeknya gan....sama blog saya

    ReplyDelete
  143. terimakasih lur, akhirnya bisa juga. sangat membantu
    burungloper.blogspot.com

    ReplyDelete
  144. Orang menganggap ini kurang berpengaruh tapi berpengaruh jua
    http://pcinfogratis.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  145. terima kasih atas infonya. saya sudah mendaftar di webmaster saat perayapan ambil sebagai google muncul keterangan tidak ditemukan itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  146. oh ya salam kenal http://whussaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  147. thanks infonya gan,...
    http://ilmujarkomtkj.blogspot.com

    ReplyDelete
  148. Terima kasih gan... bermanfaat sekali buat pemula seperti saya...

    ReplyDelete
  149. tq info terbaik


    http://begdeutersale.blogspot.com

    ReplyDelete
  150. makasih gan infonya, masih bingung sebagai pemula gmana Cara Menggunakan Webmaster Tools :D
    http://bitjeh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  151. baru paham skrg ane..
    danivpedia.com

    ReplyDelete
  152. nice info, saya masih baru

    http://dollar2016gratis.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  153. Nice Article
    http://itechnology18.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  154. thanks infonya http://arsitekturin.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  155. Saya baru daftar jadi masih belom ada data yang nampak. Kalo boleh tau berapa hari gan udah nampak data data nya?

    ReplyDelete
  156. wah terus cara namabahain peta situsnya gimana gan

    ReplyDelete
  157. ga koq verifikasi gue gagal terus minta solusi donk

    ReplyDelete
  158. thanks infonya gang ane newbie
    http://www.clasher-id.ml/

    ReplyDelete
  159. trmhksh gan infonya
    salam bloger pemula
    http://caraboy11.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  160. kalau blog gak pakek search console ini gimana ya gan?

    ReplyDelete
  161. gan bedanya masukin blog dengan www. maupun tanpa www. apa ya?
    http://karlotapost.blogspot.com/

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya